Autocad Civil 3D - Alignment Horizontal

Posting Komentar
Alignment

Alinyemen horizontal adalah proyeksi sumbu jalan pada bidang horizontal. Alinyemen horizontal sering disebut dengan situasi jalan atau trase jalan. Alinyemen horizontal terdiri atas garis lurus dan garis lengkung yang berupa bagian dari lingkaran dan lengkung peralihan.

Alignment di dalam Autocad Civil 3D ini adalah bagian paling penting untuk membuat sebuah Profil (Long Section maupun Cross section) , Design Criteria , dll.





Alignment dapat di gunakan untuk berbagai tujuan, misalnya jalan , Drainase , Pipa dan sebagainya.Metode pembuatan Alignment di dalam Autocad Civil 3D ini sangat mudah, ada dua cara pembuatan alignment horizontal yaitu :
  • Create From Polyline : cara ini cukup mudah digunakan dengan membuat garis Polyline terlebih dahulu kemudian merubahnya menjadi sebuah garis Alignment.
  • Creay By Layout : cara ini sanga mudah dan powerfull, Parameter Alignment dapat di masukan terlebih dahulu, Selanjutnya alur/arah alignment dapat di definisikandan otomatis parameter lainya akan ikut terdefinisi .Di sini juga ada dua cara penggambaran :
    • PI Methode : Alignment dapat di buat berdasarkan dengan atau tanpa data tikungan.Tikungan dapat berupa Lengkung sederhana atau dengan Spiral.
    • Entity Methode : Masing - masing bagian dapat dibuat sendiri - sendiri selanjutnya didefinisikan parameter - parameternya.
Dalam menggunakan cara Creat By Layout, kita harus bisa memahami istilah istilah berikut :
  • Fixed : Fixed entity adalah independent saat di edit , hubungan entity yang lain tidak berubah.Ini terjadi di saat kita membuat alignment dengan cara Creat from Polyline yang mana akan menghasilkan semua bagian alignment sebagai alignment yang fixed.
  • Floating : Floating entity adalah terkait dengan beberapa bagian lain (Fixed or Floating) pada satu ujung atau yang lain.Hubungan dengan bagian - bagian lainya akan di sesuaikan pada saat bagian lain tersebut di ubah sedangkan Floating End yang tidak terkait dapat di rubah.
  •  Free - free entity adalah semata - mata di definisikan oleh hubungan antar dua garis pada kedua ujungnya ke bagian alignment yang lain (fixed atau floating).Suatu entity berupa Free Line tidak dapat di ubah dengan suatu entoty Free Curve, jari - jari tikungan dapat di ubah tapi tidak untuk point yang terkait.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter