Download File Excel Analisa Kekuatan Kolom Bertulang Dengan Diagram Interaksi

Posting Komentar

Bagaimana Melakukan Analisis Kekuatan Kolom Beton Bertulang

Analisis kekuatan kolom beton bertulang merupakan suatu proses yang akan menentukan beban maksimum yang dapat dipikul oleh kolom tersebut. Hal ini dilakukan dengan menghitung kapasitas beban ultimit dan menggunakannya untuk mencari beban maksimum yang diijinkan.

Analisis kekuatan kolom beton bertulang dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada desain dan aplikasinya. Salah satu metode adalah dengan menggunakan pendekatan faktor keamanan ketika menentukan kapasitas beban ultimit. Metode lainnya adalah dengan menggunakan desain keadaan batas, yang memperhitungkan faktor-faktor seperti kelelahan dan efek mulur untuk memprediksi beban maksimum yang diijinkan.

Berbagai Jenis Pengujian untuk Analisis Kekuatan Kolom Beton Bertulang

Pengujian untuk analisis kekuatan kolom beton bertulang diklasifikasikan sebagai pengujian statis atau dinamis. Pengujian statik dilakukan pada kolom yang tidak dibebani, sedangkan pengujian dinamik dilakukan pada kolom yang dibebani.
  • Tes Statis:
    • Kekuatan ultimit kolom ditentukan oleh uji tekan aksial, yang menghasilkan grafik beban versus perpindahan. Pengujian dilakukan dengan membebankan kolom dengan gaya yang konstan sampai gagal (grafik mencapai nol). Uji ini dapat digunakan untuk menentukan modulus elastisitas dan modulus Young menggunakan hukum Hooke.
  • Tes Dinamis:
    • Kekuatan ultimit kolom ditentukan oleh uji kekuatan lentur, yang menghasilkan grafik beban versus defleksi atau tegangan versus defleksi.

Analisis Kekuatan Beton Bertulang Dengan Diagram Interaksi

File Excel ini menyajikan analisis kekuatan beton bertulang dengan diagram interaksi. Tujuannya adalah untuk menentukan kekuatan beton bertulang dengan jarak dan rasio tulangan yang berbeda.





Silahkan klik link download dibawah buat mendownload file Excel (.xls) via Google Drive, dianjurkan buat memakai Aplikasi Excel 2013 ke atas yaa.
Apabila link eror atau file tidak bisa digunakan, silahkan laporkan dengan cara menulis komentar pada artikel ini, Terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar

Berlangganan Via Email